Terbaru, Inilah Resep Kopi Susu Warkop

Warung kopi atau disingkat Warkop, saat ini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati sajian kopi saja, akan tetapi warkop juga beralih fungsi sebagai tempat pertemuan dan bahkan juga sebagai tempat untuk beristirahat dan bercengkrama.



Ramai nya sebuah warkop bukan hanya di tinjau dari segi strategis lokasinya atau kenyamanan yang di tawarkan di warkop tersebut, akan tetapi juga bergantung pada sajian dan pembuatan kopi di warkop tersebut.

Untuk itu di setiap warkop, tentunya memiliki resep penyajian dan pembuatan kopi yang beraneka macam, sehingga hal ini juga yang dapat mempengaruhi jumlah pengunjung pada warkop tersebut.

Pada kesempatan ini, saya akan memberikan tutorial resep kopi warkop atau cara membuat kopi susu ala warkop, dengan harapan anda dapat membuatnya sendiri untuk kepentingan bisnis anda maupun untuk anda nikmati sendiri.

Untuk mendapatkan cita rasa kopi warkop yang terasa mantap, Pertama-tama saya menyarankan agar anda tidak menggunakan satu jenis kopi saja. contoh jenis kopi Robusta, anda harus mencampur atau blend kopi Robusta tersebut dengan jenis kopi Arabika.

Campuran kopi itu tergantung pada selera masing-masing, tapi bagi saya sendiri campuran kopi ala warkop itu sudah pas jika berada dalam takaran Robusta 70% dan Arabika 30%. Sebelum saya mempatenkan campuran 70/30 ini, saya sudah banyak melakukan riset dengan berbagai macam persentase campuran, dan saya sudah merasa pas dan puas ketika mencoba campuran 70% Robusta dan 30% Arabika.

Anda juga dapat praktek untuk mencobanya dengan melakukan riset, agar anda mendapatkan campuran komposisi kopi yang pas menurut anda. Ada banyak penjual kopi diluar sana yang dapat anda pilih komposisi campurannya sesuai dengan selera anda, akan tetapi saya sarankan untuk mencoba campuran 70/30 di awal.

Adapun mengenai peralatan dan kebutuhan untuk membuat satu gelas kopi susu ala warkop, anda hanya perlu menyediakan alat saringan dari kain (agar tidak menyisakan ampas saat di tuang), panci memasak yang memakai gagang dan susu krimer (omela atau carnation).

Pertama-tama siapkan air seukuran dengan gelas yang akan di hidangkan, bagi saya sendiri saya memakai gelas ukuran 150cc, maka airnya pun sebanyak 150cc. Masak air tersebut di panci hingga airnya mendidih, setelah air mendidih maka kecilkan api nya, lalu tuangkan 1 setengah sendok makan kopi (yang sudah di blend 70/30) ke dalam panci lalu aduk dengan merata.

Tuangkan susu krimer kedalam gelas (perkiraan sekitar kurang lebih 3 sendok makan), lalu tuang kopi yang sudah diaduk di panci tadi melalui saringan kain kedalam gelas, aduk hingga merata dan kopi siap untuk di nikmati.

Demikianlah cara membuat kopi susu ala warkop beserta resep rahasia nya, resep kopi warkop ini adalah resep yang saya pakai sendiri dan praktekkan sendiri. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk anda dalam membuat kopi susu warkop. Selamat mencoba!

(Citra Mahardhika, Blogger Makassar)

0 Response to "Terbaru, Inilah Resep Kopi Susu Warkop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel