Cara Meredakan Batuk Kering Tanpa Pengobatan Medis

Batuk merupakan refleks alami yang terjadi di tenggorokan dan paru-paru dari iritasi agar menjadi bersih. Dan terdapat dua jenis batuk yang sering terjadi, yaitu adalah batuk berdahak dan batuk kering. Kedua jenis batuk ini memiliki penanganan yang berbeda, termasuk obat yang diberikan juga berbeda pula. Sehingga Cara meredakan batuk kering dapat dilakukan dengan cara medis ataupun dengan cara Alami.

Cara Meredakan Batuk Kering Tanpa Pengobatan Medis

Batuk kering adalah jenis batuk yang tidak menimbulkan dahak atau lendir, dan efek dari Batuk kering membuat tenggorokan akan terasa sangat gatal. Kondisi batuk seperti ini memang tidak bisa mengeluarkan lendir, dahak, bahkan iritan yang berasal dari paru-paru atau dari saluran hidung.

Berbagai Cara Meredakan Batuk Kering yang Ampuh

Anda mungkin bertanya-tanya apa batuk kering itu? Batuk merupakan respon dari saluran pernapasan agar mengeluarkan benda asing dalam tubuh. Sebenarnya ini memiliki manfaat tersendiri, meskipun kadang anda akan kesulitan bernapas atau bahkan muntah.

Bila anda mengalami batuk kering, maka anda tidak akan mengeluarkan dahak atau lendir. Jenis batuk seperti ini bisa saja terjadi akibat infeksi virus, alergi, iritasi pernapasan, asma atau penyebab lainnya. Batuk kering sering dialami karena terkena polusi udara yang kotor.

Ada beberapa cara perawatan yang dapat dilakukan untuk meredakan batuk kering selain dari mengkonsumsi obat, dan cara ini dapat dilakukan di rumah saja, dan diantara caranya adalah :

1. Madu

Perawatan yang dapat kita lakukan di rumah untuk mengatasi batuk kering yaitu dengan cara mengkonsumsi madu. Madu dapat kita konsumsi untuk mengobati batuk kering pada orang dewasa hingga anak-anak usia diatas 1 tahun. Madu memiliki khasiat anti bakteri yang mampu melapisi tenggorokan dan mengurangi iritasi di dalamnya.

konsumsilah Madu dengan takaran satu sendok di setiap pagi dan sore. Selain itu, ada cara lain untuk mengkonsumsinya, yaitu dengan mencampurkannya dengan air teh atau air hangat. Sebagai peringatan, Jangan berikan madu pada anak dibawah 1 tahun.

2. Kunyit

Cara meredakan batuk tanpa dahak lainnya yaitu dengan menggunakan kunyit, Kunyit memiliki kandungan curcumin yang merupakan senyawa bersifat anti inflamasi, antivirus, dan antibakteri. Kunyit mampu meredakan batuk berdahak apabila dicampur dengan lada hitam.

Caranya dengan mencampurkan 1 sendok teh kunyit dan 1/8 sendok teh lada hitam ke dalam minuman. Kunyit juga sangat ampuh untuk mengobati penyakit bronkitis, asma, dan penyakit pernafasan lainnya.

3. Jahe

Selain kunyit dan madu, jahe juga bisa dijadikan obat alami untuk meredakan batuk kering. Karena Jahe memiliki sifat anti bakteri dan anti flamasi. Jahe dapat dikonsumsi dalam bentuk teh atau suplemen, dan alangkah bagusnya jika menambahkan madu saat diminum.

4. Air Garam

Salah satu cara meredakan batuk kering bisa dilakukan dengan berkumur menggunakan air garam. Ini merupakan salah satu cara tradisional yang diduga ampuh meredakan tenggorokan yang terasa gatal. Pasalnya tenggorokan gatal dengan sendirinya sehingga memicu penyebab batuk.

Ingin mencoba cara ini? Sederhana saja, anda tinggal mencampur sebanyak seperempat sampai setengah sendok teh garam bersama dengan 250 mililiter air hangat. Catatan penting yang harus anda perhatikan adalah, jangan memberikan ramuan ini pada anak di bawah enam tahun. Sebab mereka belum bisa berkumur dengan baik.

5. Atur Posisi Tidur

Jika anda mengalami batuk kering di malam hari, hal ini pasti akan sangat mengganggu tidur anda. Anda bisa mencoba untuk meninggikan posisi bantal. Saluran napas akan mudah kemasukan iritan bila posisi tidur anda datar.

Baca Juga : Cara Alami Menyembuhkan Gula Darah Tinggi

Seandainya batuk kering yang dirasa semakin membandel dan terasa sulit untuk diatasi, Maka tak ada salahnya bila anda mengkonsumsi obat-obatan. Salah satu pilihan obat yang tepat sebagai cara meredakan batuk kering adalah obat dengan golongan antitusif.

0 Response to "Cara Meredakan Batuk Kering Tanpa Pengobatan Medis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel