Tempat Wisata di Indonesia dengan Mitos Awet Muda

Untuk menjadi awet muda atau terlihat tampak lebih muda dari umur yang sekarang adalah sebuah dambaan setiap orang, tidak jarang beberapa orang menempuh banyak cara agar menjadi awet muda diantaranya dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu bahkan sampai melakukan operasi.

www.mahardhika.net
Ilustrasi, Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Tapi tahukah kita, bahwa ada beberapa tempat wisata yang berada di indonesia yang dapat membuat kita menjadi awet muda? Hal ini di kaitkan dengan Mitos dari beberapa penduduk setempat secara turun temurun di tempat wisata tersebut yang mempercayai bahwa tempat tersebut dapat membuat pengunjung menjadi awet muda, mau tahu tempat nya? Simak berikut ini :

Taman Narmada di Nusa Tenggara Barat (NTB)

Taman narmada terletak di desa lembuak kecamatan narmada kabupaten lombok barat, atau sekitar 10 kilometer sebelah timur dari kota mataram provinsi nusa tenggara barat, Taman ini sudah ada sejak tahun 1700-an dan di bangun oleh Raja Anak Agung Gede Ngurah Karang Asem.

Awalnya kawasan ini di bangun oleh sang Raja dengan maksud  untuk menjadikannya sebagai duplikat dari Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak yaitu tempat sang Raja melakukan ritual acara pakelem (upacara penghormatan kepada alam), di umurnya yang sudah menua sang Raja memerintahkan untuk membuat Taman Narmada karena sudah tidak mampu lagi menempuh perjalanan untuk naik ke gunung rinjani dan mengunjungi danau segara anak, sehingga setelah taman narmada itu selesai di bangun maka tempat tersebut otomatis menjadi tempat beribadah sang Raja sekaligus sebagai tempat peristirahatannya.

Di tengah kawasan Taman Narmada inilah terdapat sebuah kolam dengan mata air yang di beri nama Bale Petirtaan, yang di percayai oleh penduduk setempat sebagai Air Awet Muda. Kolam ini sebagai ciri khas Taman Narmada yang selalu ramai di kunjungi wisatawan baik dari dalam maupun dari luar Nusa Tenggara Barat, pengunjung dapat meminum air kolam dan membasuh muka mereka dengan harapan agar Awet Muda.

Gua Pindul di Yogyakarta

Gua ini terdapat di desa Bejiharjo kecamatan Karangmojo kabupaten Gunung kidul Yogyakarta, Gua ini baru di resmikan sekitar tahun 2010 lalu oleh pemerintah kabupaten gunung kidul atas inisiatif warga setempat dan para aktifis lingkungan.

Sejarah gua pindul di kaitkan dengan kisah perjalanan seorang sakti yang bernama Ki Juru Mertani dan Ki ageng Pemanahan, konon mereka membawa seorang bayi untuk di rawat, dan di tengah perjalanan si Bayi ini terus menangis sehingga Ki juru Mertani menginjak sebuah tanah diatas sebuah bukit dan mengakibatkan tanah tersebut jebol hingga membentuk sebuah lubang dan Gua. Dari dalam lubang inilah kemudian terlihat aliran sungai, ki juru mertani dan ki ageng pemanahan lalu memandikan bayi tersebut di aliran sungai itu, namun setelah di mandikan bayi itu kemudian terbentur di salah satu dinding gua hingga akhirnya pipi anak bayi tersebut membengkak kejadian tersebut di beri nama Pipi Gebendul (pipi terbentur) hingga kemudian menjadi nama Pindul.

Di salah satu sudut gua pindul inilah terdapat sebuah mata air yang turun menetes melalui Stalaktit, penduduk sekitar menamainya sebagai “Ceruk Mini” yang konon kabarnya apabila seseorang meminum atau membasuh muka di tetesan ceruk mini itu maka akan membuat seseorang menjadi Awet Muda.

Air Terjun Sedudo di Nganjuk

Air terjun ini berada di JL. Raya Sedudo daerah Hutan Sawahan kabupaten Nganjuk Jawa Timur dan tempat ini juga adalah ikon wisata di kabupaten nganjuk, Air terjun ini berada pada ketinggian 105 meter yang airnya merupakan aliran dari lereng gunung Willis. keberadaannya pun di kaitkan dengan sejarah peradaban kerajaan Majapahit, karena konon dulunya tempat ini adalah sebuah kawasan suci kerajaan majapahit.

Sampai saat ini kawasan air terjun sedudo selalu menyajikan upacara adat yang masih di lakukan oleh masyarakat sekitar. selain menyajikan acara adat di tempat ini juga di percayai bahwa air terjun sedudo tersebut ini dapat membuat seseorang menjadi Awet Muda, Sehingga banyak penduduk yang datang dari daerah nganjuk dan luar daerah jawa timur untuk mengunjungi tempat ini guna berharap mendapatkan manfaat dari air terjun awet muda ini.

Baca juga : Viral, Wisata Air Cihonje Sumedang yang Harus Anda Ketahui

Demikianlah sebagian info tempat wisata di Indonesia dengan mitos yang dapat membuat pengunjungnya menjadi awet muda, penasaran ingin mencoba? Jika anda sudah mengunjungi tempat-tempat ini, tulis komentar pengalaman berkesan anda tersebut!

0 Response to "Tempat Wisata di Indonesia dengan Mitos Awet Muda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel