Kapal Emma Maersk Menjadi Kapal Kargo Terbesar di Dunia

Kapal kontainer sering disebut sebagai kapal kargo, untuk kapal yang satu ini mulai dibangun pada tahun 2006 lalu dengan nama kapal Emma Maersk. Kapal ini menjadi kapal kargo terbesar sebagai bentuk cinta seorang suami untuk istrinya yang telah meninggal. Dengan penampilannya yang gagah, mampu memikat siapa saja yang melihatnya. Pemilik kapal ini adalah A.P. Moller-Maersak Group.

www.mahardhika.net

Kapal Emma Maersk Menjadi Kapal Terbesar

Kapal yang tergolong terbesar ini dilengkapi dengan mesin pembakar terbesar yang ada di dunia untuk bagian internalnya. Sesuai dengan skema standarnya 13,5-14,5 ribu TEU (unit ini akan lebih sama dengan kontainer 20 kaki) untuk kapasitas kapal raksasa ini. Kini Emma merupakan kapal biru yang memiliki keindahan dengan parameternya yang membuat orang takjub.

Bisa dikatakan sebagai kapal raksasa sebab memiliki panjang 397 meter, lebarnya 56 meter, draft nya mencapai 15,5 meter dan untuk tonase kotor nya mencapai berat 171 ribu ton. Kapal terbesar ini merupakan hasil buatan negara Denmark yang bisa dikatakan ukurannya mencapai 4 kali ukuran lapangan sepak bola yang memiliki standar internasional.

Karena ukurannya yang sangat besar, kapal Emma Maersk sampai tidak bisa melintasi terusan Panama serta terusan Suez. Oleh karena itu, kapal ini hanya bisa berlayar untuk laut yang luas dan membawa barang untuk berbagai keperluan. Selain mencatatkan diri sebagai kapal terbesar, ternyata kapal ini menjadi sejarah kapal yang panjangnya lebih dari model kapal yang lainnya.

Muatan Kapal

Kapal raksasa ini mampu berlayar di lautan dengan kecepatan 23 knot, Kapal Emma Maersk merupakan kapal jenis peti kemas yang digunakan untuk membawa peti kemas dalam ukuran standar dengan rongga cells.

Nantinya peti kemas akan diletakkan di atas kapal dengan menggunakan derek khusus agar lebih cepat, Karena ini merupakan efisiensi muatan kapal yang menjadi kunci utama untuk kapal agar bisa membawa peti kemas dengan baik.

Dengan demikian, kapal akan dibagi menjadi beberapa cells dengan ukuran peti kemas sekitar 40 kaki. Bukan hanya itu saja, cells ini juga dilengkapi dengan adanya rel untuk bisa menyusun peti kemas secara mudah dan cepat.

Fungsi dari menata peti kemas ini untuk menyeimbangkan muatan kapal selama berlayar di lautan. Untuk menghindari peti kemas jatuh ketika diletakkan di atas kapal ketika berlayar, maka peti kemas ini nantinya akan diikat.

Baca juga : Simak Berbagai Jenis Kontainer dan Kegunaannya

Dengan begitu, muatan tidak akan jatuh ke laut ketika berlayar meski sedang ada gelombang besar dan muatan ini tetap berada pada tempatnya. Untuk mengikat muatan, dapat di lakukan dengan beberapa cara : Yang pertama dapat di ikat dengan menggunakan kabel baja atau rantai yang dikencangkan. Bisa juga dengan menggunakan sistem kunci agar dapat saling mengunci dengan muatan yang berdampingan di atasnya. Yang kedua menggunakan cara buterss. Cara yang satu ini adalah dengan sistem penyangga yang digunakan untuk menghalangi muatan agar tidak bergeser. Cara ini bisa digunakan sebelum mulai berlayar dan ketika muatan sudah selesai dipindahkan. Kapal Emma Maerks menjadi kapal yang memiliki kekuatan dan ukuran yang sangat besar untuk mengangkut muatan.

Perjalanan Kapal Emma Maersk

Perpaduan kemampuan kapal ini dinilai memiliki keseimbangan yang sempurna untuk keamanan dan keseimbangan lingkungan. Kapal raksasa yang satu ini menjadi yang pertama dalam sejarah karena bisa membuat perjalanannya menjadi lengkap.

Dimana kapal ini dapat melakukan perjalanan ke Kutub Utara dari Vladivostok menuju St. Petersburg dengan membawa muatan berupa ikan yang dibekukan. Dan Masih banyak lagi perjalanan yang telah dilakukan oleh kapal Emma Maersk ini.

Demikian penjelasan tentang kapal Emma Maersk, Jika anda adalah pecinta kapal dan suka membangun kapal, klik --> New! Myboatplans 518 Boat Plans - Updated For Higher Comms

0 Response to "Kapal Emma Maersk Menjadi Kapal Kargo Terbesar di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel