Google Classroom, Cara Membuat dan Menggunakannya

Maraknya kasus pandemi covid 19 yang tersebar di berbagai negara di belahan dunia, membuat proses belajar mengajar di sekolah menjadi terganggu bahkan banyak tempat belajar mengajar terpaksa harus di liburkan guna mengahalau penyebaran virus covid 19.

www.mahardhika.net

Situasi seperti ini tentunya harus di akali agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar meskipun sebagian besar kalangan tidak dapat bertemu dan berinteraksi langsung guna menyelesaikan tugas-tugas yang sudah terpending di sekolah, para guru di sekolah-sekolah juga harus terpaksa menggunakan teknologi internet agar dapat menjangkau para siswanya meskipun berada di rumah masing-masing.

Berbagai macam platform yang tersedia di internet juga harus terpaksa di coba dan di uji agar proses belajar mengajar jarak jauh dapat berjalan dengan mudah dan tentunya tidak sulit untuk di operasikan, dan Salah satu platform yang kita bahas kali ini yang paling cocok di gunakan dalam proses belajar mengajar jarak jauh ini adalah "Google Class Room", karena selain mudah di gunakan platform ini juga menyediakan fitur yang cukup lengkap.

Google Class Room adalah layanan Web Gratis yang di kembangkan oleh google dan di peruntukkan untuk sekolah, tujuannya untuk menyederhanakan dalam membuat dan menilai tugas dengan cara tanpa kertas, sehingga hal ini dapat memudahkan proses berbagi file antara Guru dan Siswa.

Baca juga : Rekomendasi Platform Webinar Terbaik

Seorang guru dapat berinteraksi langsung dengan siswanya melalui platform Google Class Room ini, peserta yang berada di Google Class Room dapat saling berbagi materi pelajaran, memberi dan mengirimkan tugas, melakukan ujian langsung dan berkomunikasi secara interaktif, dan Bagusnya lagi karena selain melalui PC platform ini juga dapat di akses melalui smartphone, sehingga hal ini dapat menjangkau semua kalangan.

Jika anda seorang Siswa/Murid, maka berikut ini adalah cara bergabung di Google Class Room :

  1. Masuk ke penelusuran google dan cari akses nya di alamat https://classroom.google.com/ atau dapat pula masuk melalui aplikasi Google Class Room di Play Store.
  2. Pilih “Get Started” dan masukkan akun email anda yang akan di gunakan di class room google.
  3. Klik icon + (plus) di ujung sebelah kanan.
  4. Setelah anda masuk, maka terdapat dua opsi yaitu Join Class dan Create Class, jika anda ingin bergabung pada kelas yang sudah di tentukan maka pilih “Join Class”.
  5. Setelah itu masukkan password (7 digit) yang telah anda dapatkan dari si pembuat kelas (di buat oleh guru/pengajar).
  6. Dan setelah anda bergabung, maka anda akan mendapatkan tampilan beberapa materi dan tugas dari guru/pengajar anda, biasanya tersimpan di bagian “stream” atau “Class Work”.

Jika anda seorang Pengajar/Guru, maka berikut ini adalah cara membuat Google Class Room :

  1. Masuk di Aplikasi Google Class Room yang terdapat di play store atau akses melalui PC.
  2. Pilih “Get Started” dan masukkan akun email anda yang akan di gunakan di class room google.
  3. Klik icon + (plus) di ujung sebelah kanan.
  4. Setelah anda masuk maka terdapat dua opsi yaitu Join Class dan Create Class, buatlah kelas baru anda dengan memilih “Create Class”.
  5. Pilih “Teacher”
  6. Isi subject pada kolom yang tersedia.
  7. Setelah kelas telah selesai di buat, maka akan muncul notifikasi kode password. Bagikan kode tersebut kepada peserta yang akan mengikuti kelas anda.

Demikian penjelasan singkat tentang Google Class Room di sertai cara membuat dan cara menggunakannya, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Google Classroom, Cara Membuat dan Menggunakannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel