Cara Mengganti Oli Mesin Mobil Sendiri di Rumah

Oli mobil memiliki fungsi untuk menjaga performa mesin dan rem agar tetap prima. Biasanya penggantian oli pada mobil setidaknya 3 bulan sekali. Namun, semua tergantung dari pemakaian mobil itu sendiri. Gunakan cara mengganti oli mesin mobil dengan tepat.

Daripada anda menggantinya di bengkel, bisa lakukan sendiri di rumah. Selain mudah untuk dilakukan, anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi. Ketahui cara yang benar agar tidak mengganggu performa mobil. Sebenarnya mengganti oli mobil cukup mudah, namun masih banyak orang yang belum memahaminya.

www.mahardhika.net

Cara Mengganti Oli Mesin Mobil yang Benar

Mengganti oli mesin mobil di bengkel sebenarnya cukup simpel, namun anda perlu mengeluarkan biaya. Bagi anda yang tidak memiliki kesibukan, bisa menggantinya sendiri di rumah. Caranya cukup mudah saja, anda hanya perlu melakukan beberapa tahapan. Diantaranya:

1. Letakkan Mobil Dalam Posisi Tinggi
Hal pertama yang bisa anda lakukan yaitu letakkan mobil dalam posisi lebih tinggi. Gunakan dongkrak atau dudukan untuk melakukan hal ini. Perhatikan posisi mobil agar anda lebih mudah dalam bekerja. Selain itu, mobil harus dalam keadaan yang benar agar tidak rusak.

2. Siapkan Peralatan
Siapkan peralatan saat ingin mengganti oli mesin mobil. Alat yang disiapkan yaitu kunci pas, wadah untuk menampung oli, dan siapkan oli yang baru. Biasanya kompresor digunakan untuk pengurasan oli, namun sebaiknya tidak usah. Sebab, kompresor justru dapat meninggalkan air dan berbahaya.

3. Siapkan Temperatur yang Pas
Ternyata temperatur pada mobil mampu mempengaruhi pergantian oli. Cara mengganti oli mesin mobil, perhatikan temperaturnya. Temperatur mobil yang pas untuk mengganti oli mesin yaitu sekitar 34 derajat Celcius. Pengurasan oli bekas dilakukan saat mobil baru dipanaskan. Dalam keadaan seperti inilah, oli dan kotoran dapat terbuang sempurna. Selain itu, oli mudah mengalir saat tutupnya dibuka.

4. Buka Penutup Mesin
Langkah selanjutnya, buka kap mesin mobil dan kenop tempat pengisian. Siapkan kunci pas untuk membuka filter oli. Pastikan gasket sudah terlepas dan ganti filter lama dengan baru.

5. Kuras Oli
Cara yang anda harus lakukan yaitu kuras oli mobil. Tunggu hingga oli sampai benar habis dan bersih. Proses pengurasan membutuhkan waktu yang cukup lama karena oli tidak bisa keluar begitu saja. Berbeda dengan ganti oli mesin mobil di bengkel.

6. Pasang Filter dan Tuang Oli Baru
Langkah terakhir yang perlu dilakukan yaitu tutup filter oli kembali. Sebelumnya, cek dulu filter dan baut agar masuk pada ulir jalur yang benar. Jika sudah, tuang oli baru untuk mengganti oli lama. Tuangkan oli pada lubang yang berada di mesin bagian atas. Lihat batas maksimal oli mobil sebelum menuangkannya. Selanjutnya, tutup kembali knop tempat ganti oli dan kap mobil.

Gunakan cara mengganti oli mesin mobil dengan baik dan benar. Jika sudah benar, selanjutnya anda bisa menggantinya terus sendiri di rumah.

0 Response to "Cara Mengganti Oli Mesin Mobil Sendiri di Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel