Simak Berbagai Jenis Kontainer dan Kegunaannya

Ketika kita memperhatikan proses pengangkutan barang, peran dari kontainer atau petikemas ini sangatlah penting. Sebab, kontainer ini memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan serta mengangkut muatan yang ada di dalamnya. Bahkan saat ini ada banyak jenis kontainer dan kegunaannya.

www.mahardhika.net

Simak Berbagai Jenis Kontainer dan Kegunaannya

Kontainer ini merupakan satu kemasan yang sengaja dirancang secara khusus dengan berbagai ukuran tertentu. Pada dasarnya, kontainer ini dapat digunakan untuk membungkus atau membawa muatan di dalam peti-peti yang sama. Selain itu, juga membuat seluruh kendaraan bisa mengangkutnya sebagai satu kesatuan. Baik itu kendaraan kereta api, truk, kapal, maupun angkutan lainnya. Dengan adanya kontainer ini, pengangkutan barang dapat dilakukan dengan cepat, aman, serta lebih efisien. Ada berbagai jenis kontainer dan kegunaannya yang bisa dimanfaatkan untuk memindahkan muatan. Apa sajakah itu? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan berikut ini.


1. Dry Storage Container

Dry Storage Container sering disebut juga sebagai General Purpose Container. Kontainer jenis ini merupakan yang paling umum digunakan. Kontainer ini didatangkan dengan berbagai macam dimensi serta distandarisasi oleh ISO. Kegunaan dari Dry Storage Container ini yaitu untuk pengiriman bahan kering serta datang dalam ukuran 40 fit, 20 fit, dan 10 fit. Kontainer memiliki kondisi yang tertutup rapat. Dilindungi serta tahan terhadap berbagai unsur cuaca. Selain itu, juga memiliki, atap, dinding samping, serta lantai yang kaku.


2. Open Top Container

Jenis kontainer dan kegunaannya yang lain yaitu Open Top Container. Kontainer jenis ini juga disebut sebagai Top Loader Container. Dimana kontainer ini memiliki bagian atas atau atap yang bisa dibuka. Bagian atas dari kontainer ini diberi terpal atau tarpaulins. Selain itu, juga ada batang-batang penyangga yang mampu digulung atau digeser untuk memudahkan pemuatan. Open Top Container ini berfungsi untuk mengangkut alat-alat berat, seperti spare part, mesin, dan alat berat lainnya.


3. Flat Rack Container

Jenis kontainer dan kegunaannya selanjutnya yakni Flat Rack Container. Kontainer ini bisa dilipat untuk membuat rak datar. Dindingnya cukup stabil untuk memberikan kemungkinan pengamanan kargo dengan baik. Sehingga memiliki ukuran ideal untuk melakukan pengiriman barang-barang berukuran besar. Seperti halnya mesin-mesin berat, gulungan besar, bahan konstruksi, serta kendaraan di truk. Terdapat beberapa 40 ft flat rak kontainer pengiriman yang cocok untuk membawa kurang lebih 45 metrik ton kargo.


4. Tank Container

Seperti namanya, Tank Container ini dapat digunakan untuk membawa tangki-tangki yang berbentuk silinder. Bukan hanya itu saja, melainkan kadangkala juga digunakan untuk mengangkut mobil. Sehingga sering disebut juga sebagai Automobile Container.


Itulah beberapa jenis kontainer dan kegunaannya yang bisa kita ketahui bersama. Penting untuk selalu diingat, beda jenis kontainer, maka berbeda pula kegunaannya.

0 Response to "Simak Berbagai Jenis Kontainer dan Kegunaannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel