Rahasia Cara Membuat Kopi Warkop, Di Jamin Enak!

Kopi atau Coffee adalah salah satu komoditas perkebunan yang paling banyak di minati oleh masyarakat luas bahkan sampai ke seluruh dunia, karena kopi tidak dapat terlepas dari kebiasan orang-orang untuk menikmati secangkir kopi dengan  berbagai macam penyajiannya di setiap waktu. Salah satu yang paling menarik adalah kopi warkop (Singkatan dari warung Kopi) dengan ciri khas Kopi Susu dengan tempat yang identik Free Wifi, setiap warung kopi (Warkop) memiliki cara penyajian yang berbeda-beda sehingga sebagian besar  warkop yang tersebar di berbagai tempat juga memiliki citarasa dan karakter yang berbeda beda pula.

Pada kesempatan kali ini kami akan membocorkan rahasia membuat kopi warkop dengan cara sederhana yang memiliki citarasa yang di jamin enak dan berkualitas, anda pasti bisa membuatnya di rumah bahkan anda juga dapat menjadikannya sebagai sajian untuk bisnis warung kopi (warkop) sederhana dengan modal yang kecil di tempat anda.

rahasia tutorial cara membuat kopi warkop di jamin enak

Sebelum kita membahas bagaimana cara membuat kopi ala warkop atau ala cafe, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang sangat perlu di perhatikan dalam meracik sebuah hidangan kopi yang berkualitas, yaitu :

  1. JENIS KOPI : Kopi memiliki 2 jenis yaitu kopi Robusta dan Kopi Arabika, kemudian dari kedua jenis kopi ini juga memiliki karakter dan citarasa yang beraneka ragam tergantung  dari faktor wilayah asal dimana kopi tersebut itu tumbuh.
  2. KOMBINASI : Untuk meracik kopi kita perlu kombinasi atau perpaduan takaran dari kedua jenis kopi (Arabika dan Robusta), karena jika hanya menggunakan satu jenis kopi saja maka rasa kopi yang di buat bisa saja terasa terlalu pahit, asam, dan bahkan hambar. Kemudian untuk mencampur dengan susu full cream juga perlu di perhitungkan takarannya agar rasa kopi dan susu menjadi seimbang. Maka itu Kita harus mengetahui tehnik kombinasi perpaduan kombinasi tersebut.
  3. ALAT : Alat untuk meracik kopi beraneka macam, umumnya yang sederhana kita dapati di rumah hanya saringan biasa dan wadah seduh. Sedangkan masih banyak alat lain yang lebih efektif dan profesional yang akan kita dapati di sebuah warkop atau cafe seperti timbangan kopi, wadah teko, saringan kain, penggilingan, tempat panggang kopi dll.
  4. TEHNIK MEMASAK : Seringkali kita jumpai di warkop adalah dengan tersedianya air panas mendidih dengan tehnik mencampur kopi dan kemudian memasaknya lagi, sehingga untuk memasak air dari sari kopi juga sangat penting untuk di ketahui tehniknya.
  5. TEHNIK MENYARING : Ada beberapa macam tehnik menyaring kopi, ada yang menyaring dengan saringan biasa dan adapula yang menyaring dengan saringan kain, ada yang menyaring dengan sekali saringan saja dan bahkan ada pula yang menyaring sampai 2 hingga 3 kali saringan.
  6. PENYAJIAN : Tidak jarang ketika kita berkunjung ke sebuah warung kopi atau cafe kadang kita memperhatikan wadah gelas yang beraneka ukuran dan aksesoris yang di sajikan, untuk itu sangat penting mengetahui tata cara penyajian agar kita dapat menikmati citarasa kopi dengan ukuran yang pas, menarik dan nikmat.


Dari ke 6 (enam) poin di atas, kita akan memahami bahwa untuk menyajikan secangkir kopi yang berkualitas dan nikmat hingga memiliki nilai jual itu di butuhkan beberapa tehnik. Karena untuk membuat secangkir kopi itu bukan hanya sekedar membuat dan menyajikannya saja, tapi juga di butuhkan ilmu dan seni dalam membuat hidangan secangkir kopi yang berkualitas.

Tanpa berlama-lama, berikut kami bocorkan cara membuat kopi susu ala Warkop / ala cafe untuk penyajian 1 (satu) gelas yang nikmat berkualitas dan mempunyai nilai jual,

Bahan yang di gunakan :

  1. Kopi Robusta (2 sendok makan)
  2. Kopi Arabika (1 sendok makan)
  3. Susu full cream (3 sendok makan)
  4. Air 250ml
  5. Gelas ukuran 500ml (tempat untuk mengaduk kopi)
  6. Gelas ukuran 125ml (untuk penyajian)
  7. Saringan yang terbuat dari kain
  8. Panci sedang untuk memasak air


Cara Membuat :

  1. Masukkan air sebanyak 250ml kedalam panci lalu masak hingga mendidih.
  2. Sambil menunggu air mendidih, masukkan 2 sendok makan bubuk kopi robusta kedalam gelas ukuran 500ml (tempat untuk mengaduk kopi). Dan setelah air mendidih di panci, masukkan air mendidih tadi kedalam gelas berisi 2 sendok makan kopi robusta lalu aduk hingga tercampur merata.
  3. Masukkan 1 sendok makan bubuk kopi arabika kedalam dasar saringan kain.
  4. Tuangkan kembali gelas ukuran 500ml yg berisi kopi robusta panas yang telah di aduk tadi ke dalam saringan kain yang berisi kopi arabika, tuang kedalam panci yang tadi di pakai memasak.
  5. Setelah cairan kopi dari saringan semuanya sudah masuk ke dalam panci, maka masak kembali cairan kopi tersebut di panci hingga mendidih. (jangan buang ampas di dalam saringan).
  6. Setelah cairan kopi Robusta/Arabika tersebut mendidih di panci, tuang kembali air kopi mendidih di dalam panci melalui saringan kain yang berisi ampas kopi tadi, tuang kedalam gelas penyajian ukuran 125ml.
  7. Setelah cairan kopi masuk kedalam gelas, tuangkan 3 sendok makan susu full cream kedalam gelas berisi cairan kopi.
  8. Proses pembuatan telah selesai, anda akan melihat 2 warna secara terpisah di dalam gelas yaitu warna hitam dari kopi dan warna putih dari susu yang merupakan ciri khas dari kopi ala Warkop / ala cafe, setelah puas memandangi kombinasi warnanya, campuran tadi boleh segera di Aduk secara merata dan siap untuk di nikmati.


Demikian pembahasan detail tentang cara membuat kopi ala warkop / ala cafe yang memiliki citarasa nikmat untuk dapat di konsumsi secara pribadi maupun di jadikan sebagai sajian untuk bisnis Warung Kopi (Warkop) di tempat anda, semoga Bermanfaat!

0 Response to "Rahasia Cara Membuat Kopi Warkop, Di Jamin Enak!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel