Inilah Penyebab Android Lemot dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda merasa jengkel lantaran susah mendeteksi penyebab android lemot dan mengatasinya? Siapa sangka hal tersebut hampir dialami oleh setiap pengguna smartphone khususnya yang berbasis android. Smartphone panas dan lemot adalah hal biasa yang kerap membuat orang menjadi kebingungan. Terlebih ponsel tersebut digunakan untuk pekerjaan yang penting dan mendesak.


Merasa jengkel dan kebingungan bukanlah solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kebingungan justru akan membuat Anda salah mengambil langkah. Hal ini mengingat penyebabnya belum Anda ketahui dengan jelas. Lebih-lebih setiap smartphone memiliki permasalahan yang berbeda. Sehingga bisa jadi lambatnya sistem operasi smartphone Anda berbeda dengan yang dialami orang lain.

Sudah seharusnya Anda mencermati penyebabnya terlebih dahulu sebelum mengatasi kelambatan sistem operasi android. Alasan lainnya adalah perbedaan pada sistem android yang digunakan. Masing-masing smartphone bisa didukung dengan versi android sesuai dengan pabrikannya. Oleh sebab itu, mari cermati penyebab android lemot dan cara mengatasinya dengan mudah.

Faktor Penyebab Sistem Operasi Panas dan Lemot

Hal pertama yang perlu Anda cermati adalah masing-masing sistem android memiliki kekurangan dan kelebihan. Apabila mendapati smartphone yang panas dan tiba-tiba lemot barangkali terjadi karena sistem operasi tersebut mempunyai kekurangan. Salah satu faktor yang menjadikan sistem operasi lebih lambat dari biasanya adalah memori internal penuh.

Memori internal yang penuh bisa terjadi kapan saja. Mengapa demikian? Alasannya adalah karena smartphone tersebut digunakan setiap saat. Sehingga sistem pengoperasiannya terjadi secara terus menerus. Faktor penyebab android lemot selanjutnya ialah terlalu banyak widget yang terbuka. Terkadang Anda tidak menyadari telah membuka beberapa aplikasi secara bersamaan.

Aplikasi dan widget tersebut tidak menutup secara otomatis, sehingga membuat android bekerja lebih maksimal. Penginstallan aplikasi yang terlalu banyak juga bisa menjadikan android lebih lambat. Apalagi aplikasi yang membutuhkan RAM lebih besar. Ditambah lagi smartphone Anda hanya mencukupi sejumlah RAM saja. Permasalahan tersebut menjadi kompleks ketika versi android tidak diupdate.

Cara Mengatasi Android yang Panas dan Lemot

Mengatasi sistem operasi menjadi lemot dan panas sebenarnya tidak sulit ketika Anda mengetahui penyebab android lemot, serta ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Langkah pertama ialah dengan tidak membiarkan memori internal terlalu penuh. Biasanya ini terjadi ketika Anda mengoleksi beragam file di smartphone. Misalnya gambar berukuran besar, video sampai game.

Agar tidak lemot simpanlah file dalam memori eksternal. Langkah selanjutnya adalah dengan menghapus cache. Ini akan terjadi apabila Anda sering melakukan browsing. Sehingga dalam waktu bersamaan banyak halaman web terbuka secara otomatis. Maksimalkan langkah Anda dengan menghapus aplikasi yang tidak terlalu sering digunakan.

Ketika menggunakan smartphone android seiring waktu akan ada permasalahan yang melanda Anda. Namun jangan berkecil hati karena dengan langkah-langkah di atas sistem pengoperasian smartphone Anda akan berjalan normal kembali. Setelah sistem operasi sudah lancar Anda hanya perlu menghindari penyebab android lemot lainnya, sehingga smartphone tetap dalam kondisi normal.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Penyebab Android Lemot dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel