Digadang-gadang Canggih, Inilah Keunggulan Fitur Sidik Jari Android

Fitur sidik jari android belakangan menjadi tren dalam perkembangan teknologi. Fitur ini konon memiliki segudang kelebihan terutama dari segi sistem keamanannya. Tapi benarkah hal tersebut? Setiap orang yang menggunakan android sesekali dipusingkan dengan sistem keamanan. Permasalahan tersebut wajar mengingat ada berbagai informasi penting yang tersimpan dalam perangkat android.


Android dinilai sebagai sistem operasi yang mempunyai basis Linux. Biasanya sistem operasi ini disematkan pada perangkat bergerak layaknya smartphone. Dari masa ke masa android selalu dikembangkan guna memenuhi kebutuhan digital para pengguna perangkat bergerak. Setiap tipe android yang dikembangkan biasanya ditambahkan dengan fitur terbaru.

Salah satunya ialah fitur sidik jari android yang kini mulai diminati. Fitur ini berkaitan dengan keamanan berteknologi canggih, ada tiga jenis sensor sidik dari atau fingerprint. Ketiganya yaitu sensor optik, panas dan frekuensi. Lantas, apa saja keunggulan dari penggunaan fitur berbasis keamanan sidik jari tersebut? Berikut penjelasannya!

Tingkat Keamanan yang Tinggi

Cara kerja fitur fingerprint adalah dengan mengunci telepon. Hal ini dimulai dari pendeteksian pola garis yang terdapat pada jari. Sensor tersebut menggunakan sistem untuk merekamnya sebagai data. Barulah data yang sudah terekam dapat tersimpan. Jika Anda menempelkannya pada fingerprint dengan pola jari yang sama maka kunci akan terbuka.

Fitur sidik jari android juga tidak hanya untuk mengamankan penguncian saja. Fingerprint juga dapat digunakan untuk sistem keamanan saat selfie. Lebih dari itu, fitur ini juga dapat menguncui aplikasi dan folder tertentu. Sehingga hanya Anda yang dapat membuka aplikasi dan folder penting di dalam perangkat.

Di sisi lainnya rahasia semakin terkendali karena fingerprint juga mampu mengunci kotak notifikasi secara langsung. Dengan demikian notifikasi dan data penting hanya dapat terbuka setelah sidik jari Anda dipindai oleh sistem. Jika terdapat beberapa notifikasi yang muncul pada perangkat langkah yang perlu Anda lakukan hanyalah mengeser jari ke arah bawah.

Tampilan dan Sistem Mudah Dijalankan

Dewasa ini sebagian besar pengguna android mendambakan sistem dan tampilan yang mudah dijalankan. Jangan khawatir karena fitur sidik jari android sudah dirancang sesuai kebutuhan para penggunanya. Bila Anda kerap kali lupa mengingat sandi maupun pola kunci perangkat, maka ada cara yang lebih canggih lagi dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Caranya ialah mengaktifkan fitur fingerprint. Fitur ini tidak rumit digunakan karena sistemnya hanya perlu memindahkan sidik jari penggunanya. Tentu saja rekam jejak sidik jari pengguna yang sudah terdaftar sebagai kunci utamanya. Bagaimana bila ada pengguna lain yang mencoba membukanya? Hal tersebut susah dilakukan karena sidik jari tidak terdaftar pada sistemnya.

Itulah keunggulan yang terdapat pada fitur terbaru fingerprint. Fitur ini sengaja dirancang dengan tujuan meningkatkan sistem keamanan android di berbagai perangkat. Dengan menjalankannya data yang tersimpan di perangkat akan lebih aman. Jadi, gunakan fitur sidik jari android ini untuk meningkatkan keamanan perangkat Anda.

Belum ada Komentar untuk "Digadang-gadang Canggih, Inilah Keunggulan Fitur Sidik Jari Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel