Waspada Ciri-ciri Android Terkena Virus, Ini Solusinya!

Ciri-ciri android terkena virus perlu diwaspadai. Disadari atau tidak selama menggunakan perangkat android ada beberapa hal yang bisa terlewatkan. Banyak hal penting yang Anda lakukan lewat perangkat tersebut. Diantaranya ialah menyimpan sekaligus mengakses data penting, melakukan transaksi perbankan sampai aktivitas yang berkaitan dengan internet.


Namun tanpa sadar hingga saat ini penjahat cyber menargetkan pengguna smartphone berbasis android. Dengan kata lain ada kemungkinan perangkat android yang digunakan masyarakat terinfeksi virus maupun malware. Sayangnya meski hal tersebut menjadi kabar buruk, namun tidak banyak yang waspada saat menggunakan android.

Padahal android yang sudah terindikasi terserang virus sangat berbahaya. Pasalnya sistem android menjalankan perangkat Anda. Bahkan kemungkinan terburuk pencurian data pun tidak bisa dihindarkan. Mendeteksi ciri-ciri android terkena virus besar manfaatnya. Dengan pendeteksian dini setidaknya Anda lebih cepat mengantisipasi serangan virus dan malware. Cobalah cermati hal-hal berikut ini.

Sering Muncul Iklan Pop Up dan SMS Aneh

Tanda android Anda terinveksi virus yang pertama adalah munculnya iklan pop up. Namun, apabila iklan tersebut muncul pada saat Anda membuka aplikasi maka tidak perlu khawatir. Iklan tersebut merupakan bawaan dari aplikasi maupun game gratis. Namun, Anda perlu mewaspadai kemunculan iklan pada saat tidak melakukan aktivitas apapun di perangkat.

Misalnya saja pada saat Anda membuka aplikasi, homescreen dan lockscreen yang biasanya tidak memunculkan iklan. Ciri-ciri android terkena virus ini sebaiknya Anda waspadai. Solusi terbaik mengatasinya adalah dengan tidak mengklik iklan tersebut. Hal tersebut merupakan jalan bagi peretas yang ingin mengambil informasi penting di perangkat Anda.

Anda juga akan mendapati pesan SMS yang mencurigakan. Perangkat yang sudah terinveksi virus dan malware mampu dijalankan secara diam-diam oleh peretas. Bahkan mereka dapat mengirim SMS aneh. Apabila hal tersebut terjadi pada perangkat Anda kemungkinan besar peretas menggunakan teknik phising. Solusinya adalah dengan mengaktifkan otentikasi dua langkah pada semua layanan

Perangkat Boros Baterai dan Lemot

Pernahkah Anda mengalami hal yang janggal saat menggunakan perangkat android, misalnya saja mendadak lemot dan boros baterai? Hal tersebut bisa jadi adalah ciri-ciri android terkena virus. Tanpa sadar Anda telah mengunduh cache berisi malware berbahaya, sehingga performa smartphone menjadi lambat. Bahkan perangkat akan mudah mengalami hang pada kondisi tertentu.

Faktor lainnya adalah adanya program lain yang berjalan pada background. Program tersebut merupakan virus yang disematkan dalam perangkat. Untuk mengatasi hal ini Anda perlu melakukan pembersihan cache secara berkala. Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu cermati kembali setiap aplikasi yang Anda pasang. Saat menemukan aplikasi yang mencurigakan sebaiknya hapuslah.

Itulah tanda yang menjadi indikasi virus pada perangkat Anda. Disadari atau tidak sangat mudah peretas menyisipkan virus berbahaya pada perangkat. Untuk mengantisipasi virus yang kapan saja dapat menyerang perangkat Anda juga disarankan untuk memaksimalkan fitur android. Jadi, cermati ulang ciri-ciri android terkena virus di atas demi keamanan perangkat Anda.

Belum ada Komentar untuk "Waspada Ciri-ciri Android Terkena Virus, Ini Solusinya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel