- TETAPLAH TERHUBUNG DENGAN KAMI UNTUK TIPS & UPDATE ARTIKEL TERBARU facebook mahardhika.net FACEBOOK twitter mahardhika.net TWITTER update artikel mahardhika.net FEED

Air Terjun Sindang Gila dan Tiu Kelep
Oleh : Dhika | Jumat, 14 September 2012 - 12:15:01 WIB | Dibaca: 888 kali | Kategori: Traveling

air-terjun-sindang-gila-dan-tiu-kelep


Berada di kaki Gunung Rinjani bagian utara. Di  Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, letak geografis di sekitar -8° 17' 3.30" LS, 116° 24' 52.72" BT atau cari di google dengan keyword (-8.29496, 116.40954). Memerlukan waktu sekitar 3 jam dari Kota Mataram dengan naik kendaraan pribadi atau 5 jam (saat musim liburan) bahkan lebih jika menggunakan angkutan umum. Biasanya menjadi tujuan wisata lanjutan setelah lelah mendaki gunung karena letaknya yang dekat dengan pos perijinan pendakian jalur Senaru. Tidak sampai 1 km dari Pos. Harga tiket untuk 2012 adalah Rp 5.000 saja.


Air Terjun Sindang Gila (biasa dibaca sendang gile)
Setelah melewati loket, mata Anda akan disegarkan oleh hijaunya tebing-tebing yang ditumbuhi banyak pohon. Melewati jalan yang menurun dan tangga tetapi tidak terlalu ekstrim sekitar 15-20 menit. Sampai pada tangga terpanjang (sekitar 50 anak tangga) menandakan bahwa kurang dari 2 menit Anda akan sampai tujuan. Udara sejuk yang menyegarkan seakan-akan menghipnotis Anda untuk ikut turun dan mencoba mandi. Air terjun ini tidak seperti kebanyakan. Semacam ada terasiring yang mengantar airnya sampai ke lokasi permandian. Untuk jelasnya silahkan melihat gambar dibawah.

Foto oleh Dony Mahardhika

Lapar? Jangan kuatir, ada banyak penjual koq disekitar air terjun. Mulai air minum, makanan ringan, bakso bahkan nasi. Apakah hanya itu saja yang Anda dapatkan dengan Rp 5.000 ? Tentu tidak. Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Tiu Kelep tanpa keluar dari lokasi.

Air Terjun Tiu Kelep
Masih ingat saat perjalanan menuju Sindang Gila ada tangga paling panjang (sekitar 50 anak tangga). Nah setelah dari Sindang Gila, silahkan menuju ke tangga tersebut tapi jangan lupa siapkan baju ganti bila perlu celana. Jika Anda berjalan naik, saat ditengah-tengah tangga  Anda akan melihat tikungan (sekitar 90°) dan ada jalan setapak ke arah kiri. Ikuti jalan itu. Total perjalanan sekitar 30 menit sampai tujuan, hati-hati dalam berjalan karena Anda akan menyusuri tebing. Agustus 2012 saat saya mengunjungi Tiu Kelep, 500 meter setelah tangga panjang ada tebing yang longsor. Jalannya tinggal selebar telapak kaki saja. Tapi walaupun jalannya lumayan mendebarkan, tak henti-hentinya keindahan alam memanjakan mata Anda. Setelah berjalan 10 menit, akan ada jembatan dengan tangga curam, mungkin kurang dari 45°. Jika melihat ini, berarti jalan Anda sudah benar. Kembali saya katakan hati-hati karena jembatan ini tidaklah seperti jembatan pada umumnya yang dibuat tanpa lubang.

Foto oleh Dony Mahardhika

 

 

 

 

 

 

 

Jembatan ini dibuat berlubang karena sebenarnya ini bukanlah jalan umum. Melainkan jembatan untuk mengalirkan air, mungkin dari sumber air karena jembatan ini adalah proyek yang dikerjakan oleh Kabupaten Lombok Barat sedangkan lokasi Tiu Kelep adalah Kabupaten Lombok Utara. Terlihat digambar, sisi kiri dan kanan jembatan adalah sungai kering yang dalamnya sekitar 50 meter. Walaupun agak merinding saat melewatinya untuk sebagian orang, namun dapat dilihat bahwa jembatan ini adalah spot yang bagus buat foto-foto. Setelah melewati jembatan dan berjalan sekitar 10 menit Anda akan bertemu sungai berbatu besar-besar. Segera lepas sandal atau sepatu Anda jika tidak ingin basah. Berjalanlah 30 meter tidak lebih, tandanya adalah setelah Anda sampai di tikungan sungai. Tengok kekiri dan Anda akan melihat jalan setapak yang atasnya tertutup rimbunnya pohon hutan, ikuti terus jalan itu sekitar 5 menit.


Foto oleh Dony Mahardhika

 

 

 

 

Jalannya berkelok dan banyak melintang akar-akar pohon, jadi hati-hati tersandung dan terluka. Disini juga banyak spot bagus untuk foto, misalnya dengan tema alam karena pohonnya besar-besar dan unik. Berjalanlah terus sampai Anda menemukan batu besar yang seakan-akan terbelah menjadi dua, berarti Anda telah memilih jalan yang benar. Lewati saja tengah batu itu dan 5 menit lagi Anda akan sampai tujuan.


Foto oleh Dony Mahardhika

 

 

 

Saat tiba di tujuan, dari jarak sekitar 50 meter Anda akan merasakan seakan-akan gerimis. Sebenarnya itu hasil dari deburan air terjun yang jatuh mengenai batu. Tapi koq ga bisa untuk mandi atau berenang? Eiitttss.. tunggu dulu, itu tandanya perlu berjalan lagi dan melewati batu-batu besar didepan Anda. Setelah melewati batu, akan terlihat jelas semacam kolam renang alam. Oh iya, suka potret sana potret sini? Atau suka narsis? Hahahahaha.. saya cuma mau mengingatkan, Anda perlu menyiapkan kamera yang tahan air atau bisa juga pakai cover anti air.

 

 Catatan :
- Saya sarankan untuk tidak bertanya Tiu Kelep kepada penduduk lokal, karyawan hotel tempat Anda menginap atau penjaga loket pintu masuk. Karena orientasi mereka adalah uang. Setiap ditanya mereka selalu menjawab, “harus dengan guide”. Harga guide antara 100 – 150 ribu. Sebenarnya mudah mencapai Tiu Kelep jika Anda dengan teliti dan memahami seluruh artikel ini. Jika Anda tidak mau ribet mengingat petunjuk diatas boleh koq menggunakan jasa guide.

 


Silahkan berbagi Bagikan

Artikel dalam kategori Traveling lainnya

Komentar Anda

Wahhhhh... jadi pengen kesana nihhh.. Akan saya ikuti saran Anda =))
oleh Rohmad | 31 Januari 2013 - 11:12:35 WIB

Pengen juga main kesana, sayang modal lom ada.
oleh NN | 04 April 2013 - 23:13:24 WIB

"Baca Syarat Penggunaan. Komentar akan diverifikasi sebelum ditampilkan. Admin berhak menghapus komentar yang tidak sesuai aturan."


Kirim Komentar : (Yang bertanda * harus diisi)
Nama * :
Email * :   - Alamat email tidak untuk dipublikasikan
Website :   - Tanpa http:// (contoh: www.mahardhika.net)
Komentar *
 
 * (Masukkan 6 kode diatas)
 Dengan menekan tombol Kirim, Anda telah setuju Syarat Penggunaan 

BerandaProfilSyarat PenggunaanKebijakan PrivasiHubungi KamiVersi Mobile
Hak Cipta © 2010-2014 Mahardhika.net - Baik dilihat dengan Firefox min. versi 3 pada resolusi 1280x1024 pixels
Powered by ANUGERAHMAHARDHIKA.COM
90